MAKANAN HALAL

Nama : Talia Evi Septiani
NIM : 17/410886/SV/12813
Kelas : Kearsipan C

MAKANAN HALAL

Dalam bahasa arab makanan berasal dari kata at-ta'am dan jamaknya al-atimah yang artinya makan-makanan. Sedangkan daam ensiklopedi hukum Islam, makanan adalah segala sesuatu yang dimakan oleh manusia atau sesuatu yang menghilangkan lapar. Halal berasal dari bahasa arab yang artinya membebaskan, memecahkan, membubarkan, dan membolehkan. Sedangkan dalam ensiklopedi hukum Islam yaitu segala sesuatu yang menyebabkan seseorang tidak dihukum jika menggunakannya.

Seperti yang kita ketahui, semua umat muslim diwajibkan untuk memakan makanan halal. Hal ini bukan sembarang kewajiban saja karena didalamnya terkandung beberapa keutamaan-keutamaan dari makanan halal sehingga menjadikan makanan halal itu penting. Berikut adalah alasan mengapa makanan halal itu penting :
1. Merupakan wujud keimanan terhadap Allah
2. Melahirkan kepribadian yang mulia
3. melahirkan generasi yang kuat dan cerdas
4. menjadikan doa mudah dikabulkan oleh Allah SWT
5. Menghindarkan diri dari api neraka
6. Mencegah timbulnya penyakit

Secara umum Islam menganjurkan kepada umatnya untuk memakan makanan yang halal dan baik-baik. Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah (2) ayat 168. Kerugian ketika tidak memakan makanan yang halal :
1. Doanya tidak dikabulkan
2. Merusak hati dan akalnya
3. Amalah tidak diterima
4. makanan haram membawa ke dalam api neraka
5. Mengurangi iman dalam hati
6. Rusaknya keturunan

Berikut dipaparkan jenis makanan halal :
1. Makanan halal menurut zatnya, berasal dari bahan yang halal. Misalnya ikan, daging sapi, ayam, sayuran, nasi, dan lain-lain.
2. Makanan halal menurut cara mendapatkannya, bahan dari makanan dan minuman tersebut harus diperoleh dengan cara ang jujur dan halal.

Komentar

  1. Terimakasih, sangat membantu saya memahami materi arti halalan thayyiban. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis.

    BalasHapus

Posting Komentar