SHALAT JENAZAH

Yasti Innasya
17/416416/SV/14154


Shalat Jenazah adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan untuk menghormati seorang muslim yang meninggal dunia. Shalat ini dilakukan sebanyak 4 kali takbir setelah sebelumnya jenazah dimandikan dan dikafankan terlebih dahulu. Hukum Shalat Jenazah  adalah Fardu Kifayah atau kewajiban yg ditunjukan kepada orang banyak (muslim).

Keutamaan Shalat Jenazah bagi mereka yang melakukannya adalah akan mendapatkan pahala yang sangat banyak seperti Sabda Nabi Muhammad SAW yg berbunyi:

”’ Barang siapa yg mengiringi Jenazah dan turut menshalatkannya maka dia akan memperoleh pahala sebesar 1 (satu) Qirath dan siapa yg mengiringinya sampai selesai pemakamannya maka dia akan mendapatkan 2 (dua) Qirath (HR. Muttafaq’ alaih) ”’. Yang dimaksud dengan qirath adalah gunung yg sangat besar.

Rukun Shalat Jenazah  terdiri dari 8 rukun dan Hukum menjalankannya adalah "Fardhu Kifayah" artinya jika tidak ada yang menjalankan, semua akan berdosa. Shalat ini tidak memakai ruku’, sujud, i’tidal dan tahiyyat, hanya dengan 4 takbir dan 2 salam, yang dilakukan dalam keadaan berdiri. 

Syarat Sholat Jenazah

1. menutup aurat, menghadap kiblat, suci dari hadast besar ataupun kecil, suci dari najis baik badan, pakaian maupun tempatnya
2. jenazah sudah dimandikan dan dikafani
3. jenazah diletakkan di hadapan orang yang menyolati, posisi kepala di kanan dan searah dengan kiblat

Rukun Sholat Jenazah

1. niat
2. berdiri bagi yang mampu
3. empat kali takbir
4. membaca surat Al-Fatihah setelah takbir pertama
5. membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW setelah takbir kedua
6. membaca doa untuk jenazah setelah takbir ketiga :
7. membaca doa untuk jenazah dan orang yang menyolati setelah takbir keempat
8. salam ke kanan dan ke kiri



Komentar