Ringkasan Makanan Halal


Oleh: Sekar Widya Safitri, 17/416411/SV/14149, Kearsipan-C
Dalam bahasa arab makanan berasal dari kata at-ta’am ( الطعام) dan jamaknya al-atimah (الأطمة ) yang artinya makan-makanan. Sedangkan dalam ensiklopedi hukum Islam, makanan adalah segala sesuatu yang dimakan oleh manusia atau sesuatu yang menghilangkan lapar.
Halal berasal dari bahasa arabالحلال)  (yang artinya membebaskan, memecahkan, membubarkan dan membolehkan. Sedangkan dalam ensiklopedi hukum Islam yaitu segala sesuatu yang menyebabkan seseorang tidak dihukum jika menggunakannya.
Seperti yang kita tahu, semua umat muslim diwajibkan untuk memakan makanan halal. Hal ini bukan sembarang kewajiban saja karena didalamnya terkandung beberapa keutamaan-keutamanan dari makanan halal sehingga menjadikan makanan halal itu penting. Berikut adalah alasan mengapa makanan halal itu penting:
  1. Wujud keimanan terhadap Allah
  2. Melahirkan kepribadian yang mulia
  3. Melahirkan generasi yang kuat dan cerdas
  4. Menjadikan do’a mudah dikabulkan oleh Allah SWT
  5. Menghindarkan diri dari api neraka
  6. Mencegah timbulnya penyakit
Apabila kita memakan makanan yang haram maka keutaman-keutamaan tersebut akan berbalik arah, yaitu doa tidak dikabulkan, amalantidak diterima, masuk dalam api neraka, rusaknya keturunan, dll.
Secara umum Islam menganjurkan kepada umatnya untuk memakan makanan yang halal dan baik-baik. Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam al-Quran surat al-Baqarah ayat 168:
Artinya:
“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan, karena sesungguhnya syetan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. al-Baqarah (2): 168)
Contoh makanan halal
  1. Makanan halal menurut dzatnya, berasal dari bahan yang halal . Misalnya, ikan, daging sapi, ayam, sayuran, nasi,dan lain-lain.
  2. Makanan halal menurut cara mendapatkannya, bahan dari makanan dan minuman tersebut harus di peroleh dengan cara yang jujur dan halal.

Komentar

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat sekali artikelnya

    BalasHapus
  2. Terimakasih, sangat membantu saya memahami materi halalan thayyiban. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

    BalasHapus

Posting Komentar