Ridwan Aditya Mahendra 17/416407/SV/14145
Keasrsipan C
Peluang dan tantangan
Wisata halal di Indonesia
Wisata halal adalah wisata yang menggunakan system syariah islam dalam penerapan fasilitas dan peraturan. Hal tersebut tengah digalakkan di Indonesia, mengingat jumlah mayoritas islam di Indonesia. Wisata halal dimaksudkan untuk memfasilitasi muslim di Indonesia. Namun, hal tersebut tidak terbatas pada muslim melainkan untuk semua etnis.

Tujuan wisata halal di Indonesia
1.      Mengembangkan Pariwisata yang ada di Indonesia
2.      Menambah devisa bagi negara demi perekonomian yang lebih baik
3.      Mengenal dan menghargai budaya yang ada di Indonesia
4.      Melestarikan budaya lokal Indonesia

Peluang wisata halal di Indonesia
Peluang berkembangnya wisata halal di Indonesia sangat besar. Hal tersebut dengan persebaran mayoritas agama islam di Indonesia. Selain itu, perkembangan wisata halal di nilai dapat mengurangi dan mengubah kejadian-kejadian sexsualitas atau amoral yang marak di Indonesia. Faktor yang paling penting untuk wisata halal di Indonesia adalah peningkatan kualitas layanan dan akomodasi pariwisata. Selain itu, kekayaan destinasi wisata di Indonesia mendorong kemajuan perkembangan wisata halal.

Tantangan wisata halal di Indonesia
1.      Kebudayaan lokal
Kebudayaan yang telah menjadi kebiasaan suatu daerah terkadang bertentangan dengan perkembangan wisata halal. Hal tersebut menjadi tantangan sendiri dalam perkembangan wisata halal, mengingat kuatnya adat daerah yang ada di Indonesia.
2.      Wisata non-muslim

Dalam perkembangan wisata halal harus menilik adanya objek wisata non-muslim. Hal tersebut karena perkembangan wisata halal tidak boleh menjadi kontra diantara daerah wisata non-muslim.

Komentar