PERKEMBANGAN HALAL TOURISM DI YOGYAKARTA - HOTEL CAKRA KUSUMA YOGYAKARTA

Nama   : Muhammad Yusuf Habibulloh Ash-Shiddiq
NIM    : 17/416398/SV/14136
Kelas   : Kearsipan C

PERKEMBANGAN HALAL TOURISM DI YOGYAKARTA - HOTEL CAKRA KUSUMA YOGYAKARTA


1.      Pengertian Wisata Halal/ Wisata Syariah/ Halal Tourism
Yaitu salah satu sistem pariwisata yang diperuntukan bagi wisatawan muslim yang pelaksanaannya mematuhi aturan syariah dan tidak bertentangan dengan syariat islam.
Dijelaskan dalam QS Al – A’raf [7]: 157 yang artinya, "Dan (Allah) menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk”.
Menurut M. Battour & M. Nazari Ismail wisata halal yaitu semua objek/tindakan yang diperbolehkan menurut islam untuk digunakan oleh orang Muslim dalam industri pariwisata.
Dari definisi tersebut wisata halal menerapkan hukum islam (syariah) sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen terutama konsumen muslim, seperti hotel halal, fasilitas ibadah, restoran dengan makanan dan minuman yang halal, dan sebagainya.
      2.      Wisata Halal di Yogyakarta
Yogyakarta menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia yang merupakan daerah yang khas dengan budaya Jawa. Destinasi wisata Yogyakarta berusaha memenuhi semua kalangan termasuk kalangan muslim dengan wisata halalnya. Namun belum banyak dukungan industri pariwisata untuk wisata halal sehingga Yogyakarta terus mendorong kalangan industri pariwisata untuk meningkatkan layanan bagi kalangan muslim tersebut.
Konsep pariwisata halal ini ternyata mudah diterima semua kalangan. Wisata halal harus memperhatikan aturan-aturan Islam, seperti sarana dan prasarana pariwisata yang harus mengedepankan nilai-nilai Islami. Wisata halal ini belum banyak diterapkan di Indonesia sehingga memiliki potensi besar ini masih harus dikembangkan.
      3.      Hotel Cakra Kusuma
Cakra Kusuma Hotel merupakan salah satu hotel bersertifikat halal di Yogyakarta. Terletak pada kawasan bisnis Jalan Kaliurang KM 5,2 No. 25, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sangat strategis karena memiliki akses yang dekat dengan UGM, bandara Internasional Adisucipto, Malioboro, Jogja International Hospital, Rumah Sakit Dr. Sardjito, tempat kuliner unik Jogja, kawasan berbelanja, golf course dan lainnya.
Pada tanggal 24 Mei 2016, Cakra Kusuma Hotel secara resmi mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI DIY. Memiliki fasilitas-fasilitas penunjang yaitu, sebagai berikut:
a)      Ada 453 jenis makanan yang halal
b)      Adanya kitab suci disetiap sudut ruangan kamar dan penunjuk arah kiblat
c)      Kolam renang dipisah untuk laki laki dan perempuan
d)     Kelengkapan fasilitas untuk ibadah, misal : tempat ibadah, alat ibadah, tempat wudhu
e)      Meeting room, Free hotspot dan lain-lain


Komentar