PERKEMBANGAN HALAL TOURISM DI YOGYAKARTA - CAKRA KUSUMA HOTEL

Nama   : Talia Evi Septiani
NIM    : 17/410886/SV/12813
Kelas   : Kearsipan C
PERKEMBANGAN HALAL TOURISM DI YOGYAKARTA
CAKRA KUSUMA HOTEL
Wisata Syariah atau Halal Tourism adalah salah satu sistem pariwisata yang di khususkan bagi wisatawan Muslim yang pelaksanaannya mematuhi aturan Syariah atau tidak bertentangan dengan syariat islam. Wisata halal menerapkan hukum islam sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen terutama konsumen muslim, seperti hotel halal, fasilitas ibadah, restoran dengan makanan dan minuman yang halal.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia. Kunjungan wisata domestik ke daerah yang terkenal dengan gudeg ini terhitung cukup tinggi. Yogyakarta merupakan daerah yang khas dengan budaya Jawa. Destinasi wisata Yogyakarta berusaha memenuhi semua kalangan, termasuk kalangan muslim dengan wisata hala yang sedang marak.

Cakra Kusuma Hotel merupakan salah satu hotel bersetifikat halal yang ada di Yogyakarta dan terletak pada kawasan bisnis di Jalan Kaliurang KM 5,2 No. 25, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tanggal 24 Mei 2016 Cakra Kusuma Hotel secara resmi mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI DIY pada 453 jenis makanan yang tersedia. Sertifikat halal yang diraih diperuntukan bagi bahan-bahan dan proses pembuatan makanan. Pihak Hotel Cakra Kusuma tertarik memperoleh sertifikasi halal karena halal itu sehat dan menyehatkan.

Hotel Cakra Kusuma sebagai salah satu hotel yang meraih sertifikasi halal dari MUI memiliki fasilitas-fasilitas penunjang yaitu :
1.      Ada 453 jenis makanan yang halal
2.      Adanya kitab suci disetiap sudut ruangan kamar dengan penunjuk arah kiblat
3.      Kolam renang dipisah untuk laki-laki dan perempuan
4.      Kelengkapan fasilitas untuk ibadah, misal : tempat ibadah, alat ibadah, tempat wudhu

5.      Meeting room, free hotspot, dll.

Komentar