Perkembangan Halal Tourism di Yogyakarta



Nama   : Salma Dilsani Sabita
NIM    : 17/415560/SV/13425
Kelas   : Kearsipan C

PERKEMBANGAN HALAL TOURISM DI YOGYAKARTA - HOTEL CAKRA KUSUMA YOGYAKARTA
Wisata Syariah atau Halal Tourism adalah salah satu sistem pariwisata yang di peruntukan bagi wisatawan Muslim yang pelaksanaannya mematuhi aturan Syariah/keseluruhan aspeknya tidak bertentangan dengan syariat islam. Wisata halal menerapkan hukum islam (syariah) sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen terutama konsumen muslim, seperti hotel halal, fasilitas ibadah, restoran dengan makanan dan minuman yang halal, dan sebagainya.
Wisata halal harus memperhatikan aturan-aturan Islam, seperti sarana dan prasarana pariwisata yang harus mengedepankan nilai-nilai Islami. Hotel diwajibkan tidak menyediakan makanan atau minuman beralkohol, kolam renang, serta fasilitas spa yang terpisah untuk pria dan wanita.
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit di Indonesia. Destinasi wisata Yogyakarta berusaha memenuhi semua kalangan, termasuk kalangan muslim dengan wisata halal yang sedang marak. Namun belum banyak dukungan industri pariwisata untuk wisata halal tersebut sehingga Yogyakarta terus mendorong kalangan industri pariwisata untuk meningkatkan layanan bagi kalangan muslim tersebut.
Cakra Kusuma Hotel merupakan salah satu hotel bersertifikat halal yang ada di Yogyakarta dan terletak pada kawasan bisnis di Jalan Kaliurang KM 5,2 No. 25, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sangat strategis karena memiliki akses yang dekat dengan UGM, bandara Internasional Adisucipto, jalan Malioboro, Jogja International Hospital, Rumah Sakit Dr. Sardjito, tempat kuliner unik dan asik Jogja, kawasan berbelanja, juga golf course dan masih banyak lagi. Pada tanggal 24 Mei 2016, Cakra Kusuma Hotel secara resmi mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI DIY pada 453 jenis makanan yang tersedia. Sertifikat halal yang diraih  Hotel Cakra Kusuma diperuntukkan bagi bahan - bahan dan proses pembuatan makanan. Pihak Hotel Cakra Kusuma tertarik memperoleh sertifikasi halal, karena halal itu sehat dan menyehatkan.
Hotel Cakra Kusuma sebagai salah satu hotel yang meraih sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki Fasilitas-fasilitas penunjang yaitu, sebagai berikut:
  1. Ada 453 jenis makanan yang halal
  2. Adanya kitab suci disetiap sudut ruangan kamar dan penunjuk arah kiblat
  3. Kolam renang dipisah untuk laki laki dan perempuan
  4. Kelengkapan fasilitas untuk ibadah, misal : tempat ibadah, alat ibadah, tempat wudhu
  5. Meeting room, Free hotspot dan lain-lain

Komentar