Peluang dan Tantangan Wisata Halal di Indonesia (Yofa Pradhani Nabilah 17/410888/SV/12815)



Nama   : Yofa Pradhani Nabilah
NIM    : 17/410888/SV/12815
Kelas   : C Kearsipan
Peluang dan Tantangan Wisata Halal di Indonesia
Wisata halal adalah industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim. Wisata halal di Indonesia sering digalakkan oleh pemerintah karena masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam.

Tujuan adanya wisata halal di Indonesia adalah:
1.   Untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia karena Indonesia memiliki alam yang sangat indah dan beribu objek wisata
2.    Menambah devisa bagi negara untuk membantu perekonomian negara tentunya karena  wisata halal ini menguntungkan
3.    Agar lebih mengenal budaya Indonesia sehingga menghargai dan dapat melestarikannya.

Peluang wisata halal di Indonesia sangat terbuka lebar karena Indonesia dikaruniai oleh alam yang sangat indah dan masyarakat Indonesia mayoritas muslim, wisata halal dinilai ampuh untuk menanggulangi kasus amoral yang banyak terjadi di berbagai sector kepariwisataan saat ini. Faktor yang paling penting adalah peningkatan kualitas layanan dan akomodasi pariwisata.

Tantangan wisata halal di Indonesia adalah kebudayaan masyarakat setempat yang sudah ada sejak lama bertentangan dengan syariat Islam menyebabkan wisata halal yang akan berkembang justru dianggap sebagai sebuah hal yang merugikan sektor kepariwisataan suatu daerah.

Wisata halal memfasilitasi wisatawan muslim dalam kegiatan berwisata dan peluang wisata halal ini berpeluang bisnis sektor Islam. Oleh karena itu tugas dari masyarakat dan pemerintah adalah mengupayakan wisata halal agar dapat berkembang pesat.

Komentar