PELUANG DAN TANTANGAN WISATA HALAL DI INDONESIA

Oleh Titania Citra Noora
17/416415/SV/14153
Kearsipan C 2017

A. Apa itu wisata halal?

Wisata halal adalah industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan Muslim/ah. Di Indonesia sendiri, wisata halal sedang digalakkan oleh Pemerintah karena mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Tujuan dari wisata halal itu sendiri adalah :
1. Mengembangkan Pariwisata yang ada di Indonesia
2. Menambah devisa bagi negara demi perekonomian yang lebih baik
3. Mengenal dan menghargai budaya yang ada di Indonesia
4. Melestarikan budaya lokal Indonesia

B. Bagaimana peluang wisata halal?

Kemudian, berbicara peluang dari wisata halal di Indonesia sendiri ini sangat menarik, karena peluangnya sangat terbuka lebar. Hal ini disebabkan selain mayoritas penduduk Indonesia yang memeluk agama Islam, juga wisata halal dinilai ampuh untuk menanggulangi maraknya kasus-kasus amoral di berbagai sektor kepariwisataan saat ini. Faktor yang paling penting untuk wisata halal di Indonesia adalah peningkatan kualitas layanan dan akomodasi pariwisata.

C. Apa sajakah tantangan dari wisata halal?

Kebudayaan masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak lama bertentangan dengan syariat Islam yang menyebabkan wisata halal yang akan berkembang justru dianggap sebagai suatu hal yang merugikan bagi sektor kepariwisataan suatu daerah. Kemudian juga, penyediaan fasilitas untuk menyokong wisata halal tersebut masih sangat kurang.

Komentar