Makanan Halal

Oetari Nur Permadi
17/415558/SV/13423
Kearsipan C

MAKANAN HALAL

A. Pengertian Makanan dan Halal
Menurut dari bahasa arab makanan berasal dari kata at-ta’am dan jamaknya al-atimah artinya makan-makanan. Sedangkan menurut ensiklopedia hukum Islam, makanan adalah segala sesuatu yang dimakan oleh manusia atau sesuatu yang menghilangkan lapar.
Adapun pengertian Halal menurut bahasa arab yaitu berarti membebaskan, memecahkan, membubarkan, dan membolehkan. Sedangkan menurut ensiklopedia hukum islam yaitu berarti segala sesuatu yang menyebabkan seseorang tidak dihukum jika menggunkannya.

B. Mengapa Halal Itu Penting?
Kenapa saat kita makan harus halal? Karena arti halal didalamya terkandung beberapa keutamaan dari makanan halal yang menjadikan makanan halal itu penting. Berikut ada beberapa alasan kenapa makanan halal itu penting:
1. Merupakan wujud keimanan terhadap Allah Swt.
2. Melahirkan kepribadian yang mulia
3. Melahirkan generasi yang kuat dan cerdas
4. Menjadikan doa mudah dikabulkan
5. Menghindarkan diri dari api neraka
6. Mencegah timbulnya penyakit

C. Dalil Tentang Makanan Halal
Seperti yang kita ketahui bahwa Islam menganjurkan memakan makanan yang sehat serta halal dan juga yang baik. Pernyataan ini juga ditekankan dalam surat Al-Quran al-Baqarah ayat 168 yaitu sebagai berikut :
 
Artinya : Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkahsyetan, karena sesungguhnya syetan itu musuh yang nyata bagimu. (QS. Al-Baqarah (2): 168)

D. Kerugian Ketika Memakan Yang Haram
Jika kita memakan makanan yang halal, energi yang kita dapat juga baik untuk kesehatan tubuh kita. Tetapi jika kita memakan makanan yang haram atau yang dilarang oleh Allah Swt. Maka yang terjadi untuk tubuh kita adalah tidak baik untuk sistem ditubuh kita. Adapun beberapa kerugian jika kita memakan makanan yang haram sebagai berikut :
1. Doa yang kita panjatkan tidak dikabulkan
2. Merusak hati dan akalnya
3. Amalan yang kita perbuat tidak diterima
4. Makanan haram membawa kita lebih dekat dengan api neraka
5. Mengurangi iman dalam hatinya
6. Rusaknya keturunan

E. Contoh Jenis Makanan Yang Halal
1. Makanan halal menurut zatnya berasal dari bahan yang halal. Seperti Ikan, Daging Sapi dan Ayam, Sayuran, Nasi, dan lain sebagainya.
2. Makanan halal menurut cara mendapatkannya berasal dari bahan makanan dan minuman yang harus diperoleh dengan cara yang jujur dan halal. 

Komentar