Makanan Halal (Yofa Pradhani Nabilah 17/410888/SV/12815)



Nama   : Yofa Pradhani Nabilah
NIM    : 17/410888/SV/12815
Kelas   : C Kearsipan
MAKANAN HALAL

            Dalam bahasa arab makanan berasal dari kata at ta’am atau dalam bentuk jamak al atimah yang artinya makan-makanan. Menurut ensiklopedi hukum Islam, makanan adalah segala sesuatu yang dimakan  oleh manusia atau suatu yang menghilangkan lapar. Halal berasal dari bahasa Arab berarti membebaskan, memecahkan, membubarkan, dan membolehkan. Menurut ensiklopedi Islam berarti segala sesuatu yang menyebabkan seseorang tidak dihukum jika menggunakannya.
            Islam mengharuskan semua umatnya untuk memakan makanan yang halal, hal tersebut tentu mempunyai alasan diantaranya adalah terdapat keutamaan-keutamaan jika ita mengonsumsi makanan yang hala. Berikut adalah alasan mengapa makanan halal itu penting :
1.      Merupakan wujud keimanan terhadap Allah
2.      Melahirkan kepribadian yang mulia
3.      Melahirkan generasi yang kuat dan cerdas
4.      Menjadikan doa mudah terkabul
5.      Menghindarkan diri dari siksaan api neraka
6.      Mencegah timbulnya penyakit
Allah swt menegaskan bahwa harus memakan makanan halal dalam Surat Al Baqarah Ayat 168 yang mempunyai arti “hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan, karena sesungguhnya syetan itu musuh yang nyata bagimu.”
Kerugian ketika memakan makanan yang haram:
1.      Doa-doanya tidak dikabulkan
2.      Merusak hati dan akalnya
3.      Amalan tidak diterima
4.      Membawa kita ke dalam api neraka
5.      Mengurangi iman dalam hati
6.      Rusaknya keturunan
Contoh atau jenis makanan yang halal :
1.      Makanan halal menurut dzatnya, berasal dari bahan makanan yang halal dan baik untuk tubuh. Misalnya daging ayam, daging sapi, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan lainnya. 
2.      Makanan halal menurut cara mendapatkannya, bahan makanan atau minuman tersebut diperoleh dari cara yang jujur dan halal. Misalkan makanan tersebut berasal dari uang hasil mencuri.



Komentar