tata cara sholat jamak dan qasar



Nama   : Rohmah
NIM    : 17/416409/SV/14147
Kelas   : Kearsipan C
Tata Cara Sholat Jamak dan Qasar
Shalat jamak artinya mengumpulkan shalat. Maksudnya adalah mengumpulkan dua shalat fardhu dan mngerjakan dalam satu waktu. Shalat yang boleh dijamak adalah sholat dhuhur dan ashar dikerjakan diwaktu dhuhur atau waktu ashar. Penyebab sholat boleh dijamak karena bepergian jauh dengan jarak (± 81 km, ± 138 km), karena dalam keadaan ketakutan atau rasa khawatir. Dalil naqli shalat jamak yang terdapat dalam H.R. Muslim.
Jamak dibedakan menjadi dua yaitu jamak takdim dan jamak takhir. Jamak takdim artinya  Mengumpulkan dua shalat dan dikerjakan pada shalat yang pertama. Misalnya: Shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu dhuhur. Sementara jamak takhir artinya Mengumpulkan dua shalat dan dikerjakan pada shalat yang kedua. Misalnya : Shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar.
Sholat qasar artinya meringkas jumlah rakaat shalat, maksudnya rakaat shalat yang empat, diringkas menjadi 2 rakaat. Sedangkan yang dua rakaat ada yang tiga rakaat tidak boleh diringkas. Shalat-shalat lima waktu yang boleh diqasar yaitu Dhuhur, Ashar, dan Isya. Syarat diperbolehkannya sholat di qasar adalah bepergian jauh dengan jarak (± 81 km, ± 138 km), karena situasi atau keadaan tidak aman. Dalil Naqli Tentang Sholat Qashar terdapat dalam Al Quran Surat An-Nisa : 101.
Sholat jamak qasar adalah mengumpulkan dua shalat fardhu dan  mengerjakannya pada satu waktu dan sekaligus meringkas jumlah rakaatnya. Contoh : Shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar, dan masing-masing dikerjakan dua rakaat-dua rakaat.
Jamak qasar dibedakan menjadi dua yaitu sholat jamak qasar takdim dan sholat jamak qasar takhir. Sholat jamak qasar takdim yaitu shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu dhuhur, dan masing-masing dikerjakan dua rakaat-dua rakaat. Atau shalat maghrib dan isya, dikerjakan pada waktu maghrib, shalat maghrib tetap dikerjakan tiga rakaat, sedangkan isya dikerjakan dua rakaat. Sementara sholat jamak qasar takhir yaitu Shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar, dan masing-masing dikerjakan dua rakaat, atau shalat maghrib dan isya dikerjakan pada waktu isya, shalat maghrib tetap dikerjakan tiga rakaat, sedangkan isya dikerjakan dua rakaat.


Komentar