Ringkasan Sholat Jamak & Qashar | Muchammad Andar Bachtiar

MUCHAMMAD ANDAR BACHTIAR
17/416396/SV/14134
ARS C 2017

·         RANGKUMAN “SHOLAT JAMAK, QASHAR & JAMAK QASHAR”
Ø  Pengertian Sholat Jamak
Shalat jamak artinya mengumpulkan shalat. Maksudnya adalah mengumpulkan dua shalat fardhu dan mngerjakan dalam satu waktu. Misalnya : shalat dhuhur dan ashar dikerjakan diwaktu dhuhur atau waktu ashar. Sholat Jamak dibagi menjadi Jamak Takdim yaitu Mengumpulkan dua sholat dan dikerjakan pada sholat pertama, dan Jamak Takhir dikerjakan di akhir waktu.
-      Dalil Tentang Sholat Jamak
Dari Rasulullah SAW “Kita pergi berperang tabuk bersama Rasulullah Saw, beliau menjamak antara shalat dhuhur dengan shalat ashar, dan antara shalat maghrib dengan shalat isya. Pada suatu hari beliau mengakhirkan shalat kemudian keluar shalat dhuhur dan ashar. Beliau masuk kemudian keluar lalu shalat maghrib dan isya” (H.R Muslim)
-      Shalat yang boleh dijamak yaitu dhuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya. Sedangkan subuh tetap wajib dikerjakan pada waktunya sendiri.
-      Syarat diperbolehkan sholat jamak
a) Karena bepergian dengan syarat :
- Bepergian yang dilakukan bukan untuk maksiat, misalnya : pergi umroh atau haji, silahturrrahmi, berdagang, dan sebagainya.
- Jarak bepergian sekurang-kurangnya 16 farsakh = 80.640 km (dibulatkan 81 km), ada yang berpendapat ± 138 km.
b) Karena dalam keadaan ketakutan atau rasa khawatir yang sangat, misalnya : adanya kekacauan, perang, dan sebagainya.

Ø  Pengertian Sholat Qashar
Shalat Qasar artinya meringkas jumlah rakaat shalat, maksudnya sholat yang memiliki 4 rakaat, diringkas menjadi 2 rakaat. Sedangkan yang dua rakaat dan yang tiga rakaat tidak boleh diringkas. Shalat-shalat lima waktu yang boleh diqasar yaitu Dhuhur, Ashar, dan Isya.
-      Dalil Tentang Sholat Qashar
  Dan apabila kamu bepergian dimuka bumi ini, maka tidaklah mengapa  kamu mengqasar sembahyang (mu), jika kamu takut diserang orang-orang 
  kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Q.S An-Nisa Ayat 101)

Ø  Pengertian Sholat Jamak Qashar
Shalat Jamak Qasar adalah mengumpulkan dua shalat fardhu dan  mengerjakannya pada satu waktu dan sekaligus meringkas jumlah rakaatnya. Contoh : Shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar, dan masing-masing dikerjakan dua rakaat-dua rakaat.
-      Jamak Qashar Takdim dan Takhir
  a) Shalat Jamak Qasar Takdim yaitu shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu dhuhur, dan masing-masing dikerjakan dua rakaat-dua rakaat. Atau shalat maghrib dan isya, dikerjakan pada waktu maghrib, shalat maghrib tetap dikerjakan tiga rakaat, sedangkan isya dikerjakan dua rakaat.

  b) Shalat Jamak Qasar Takhir yaitu Shalat dhuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar, dan masing-masing dikerjakan dua rakaat, atau shalat maghrib dan isya dikerjakan pada waktu isya, shalat maghrib tetap dikerjakan tiga rakaat, sedangkan isya dikerjakan dua rakaat.

Komentar