Ringkasan Materi Syarat & Tata Cara Shalat Jamak dan Qashar

Nama : Muhammad Yusuf Habibulloh Ash-Shiddiq
NIM   : 17/416398/SV/14136
Kelas : Kearsipan C

  1. Shalat Jamak

Artinya mengumpulkan salat. Maksudnya adalah mengumpulkan dua shalat fardhu dan mengerjakan dalam satu waktu. Misalnya shalat dzuhur dan ashar dikerjakan diwaktu dzuhur atau waktu ashar.
  • Penyebab diperbolehkannya shalat jamak yaitu :

·         a. Bepergian dengan syarat dilakukan bukan untuk maksiat, misalnya : pergi umroh atau haji, silahturrrahmi, berdagang, dan sebagainya. Jarak bepergian sekurang-kurangnya 16 farsakh = 80.640 km (dibulatkan 81 km), ada yang berpendapat ± 138 km.
·        b. Dalam keadaan ketakutan atau rasa khawatir yang sangat, misalnya : adanya kekacauan, perang, dan sebagainya.
  • Dalil naqli shalat jamak

Kita pergi berperang tabuk bersama Rasulullah Saw, beliau menjamak antara shalat dzuhur dengan shalat ashar, dan antara shalat maghrib dengan shalat isya. Pada suatu hari beliau mengakhirkan shalat kemudian keluar shalat dzuhur dan ashar. Beliau masuk kemudian keluar lalu shalat maghrib dan isya’. (H.R. Muslim)
Shalat yang boleh dijamak yaitu dzuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya. Sedangkan subuh tetap wajib dikerjakan pada waktunya sendiri.

Jamak Takdim : Mengumpulkan dua shalat dan dikerjakan pada shalat yang pertama. Misalnya: Shalat dzuhur dan ashar dikerjakan pada waktu dzuhur  
Jamak Takhir : Mengumpulkan dua shalat dan dikerjakan pada shalat yang kedua. Misalnya : Shalat dzuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar.
  • Praktik Shalat Jamak (dzuhur dan ‘ashar)

Niat shalat dzuhur yaitu Usholli fardlodz dzuhri arba’a roka’ati jam’an taqdiman ma’al ‘ashri lillahi ta’ala. (Saya sengaja (niat) shalat fardhu dzuhur empat rakaat jama’ takdim bersama Ashar karena Allah Ta’ala)

Sholat seperti biasanya. Namun sesudahnya tidak ada dzikir, doa, atau shalat sunat, tetapi boleh dilakukan iqamat terlebih dahulu dan dilanjutkan shalat sahar. Bacaan dan gerakan shalatnya sama (persis) seperti waktu shalat dzuhur tersebut sampai selesai empat rakaat.

Niat shalat ‘ashar yaitu Usholli fardlodz ‘ashar arba’a roka’ati jam’an taqdiman ma’al dzuhri lillahi ta’ala. (Saya sengaja (niat) shalat fardhu Ashar empat rakaat jama’ takdim bersama Dzuhur karena Allah Ta’ala)

      2. Shalat Qhasar

Artinya meringkas jumlah rakaat shalat, maksudnya rakaat shalat yang empat, diringkas menjadi 2 rakaat. Sedangkan yang dua rakaat ada yang tiga rakaat tidak boleh diringkas. Shalat-shalat lima waktu yang boleh diqasar yaitu Dzuhur, Ashar, dan Isya.
  • Sebab-sebab diperbolehkannya shalat qasar sama dengan sholat jamak.
  • Dalil naqli shalat qashar 

Dan apabila kamu bepergian dimuka bumi ini, maka tidaklah mengapa kamu mengqasar sembahyang (mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Al- Quran Surat An-Nisa : 101)
  • Tata Cara Shalat Qashar (dzuhur)

Niat shalat dzuhur yaitu Usholli fardlodz dzuhri roka’ati qoshron  adaal lillahi ta’ala. (Saya sengaja (niat) shalat fardhu Dhuhur dua rakaat qasar karena Allah Ta’ala.)

      3. Shalat Jamak Qashar
Artinya mengumpulkan dua shalat fardhu dan  mengerjakannya pada satu waktu dan sekaligus meringkas jumlah rakaatnya. Contoh : Shalat dzuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar, dan masing-masing dikerjakan 2 rakaat.
  • Jamak qasar takdim dan takhir

a.      Shalat Jamak Qasar Takdim yaitu shalat dzuhur dan ashar dikerjakan pada waktu dzuhur, dan masing-masing dikerjakan 2 rakaat. Shalat maghrib dan isya, dikerjakan pada waktu maghrib, shalat maghrib tetap dikerjakan 3 rakaat, sedangkan isya dikerjakan 2 rakaat.
b.      Shalat Jama Qasar Takhir yaitu Shalat dzuhur dan ashar dikerjakan pada waktu ashar, dan masing-masing dikerjakan 2 rakaat, atau shalat maghrib dan isya dikerjakan pada waktu isya, shalat maghrib tetap dikerjakan 3 rakaat, sedangkan isya dikerjakan 2 rakaat.
  • Tata cara sholat jamak qasar taqdim (dzuhur dan ashar)
Niat shalat dzuhur yaitu Usholli fardlodz dzuhri roka’ati qoshron majmu’an ilaihil ‘ashru jam’an taqdiman lillahi ta’ala. (Saya berniat salat dzuhur dua rakaat digabungkan dengan salat asar dengan jamak takdim karena Allah Ta’ala. 

Niat shalat ‘ashar yaitu Usholli fardlodz ashri roka’ati qoshron majmu’an ilaihil dzuhru jam’an taqdiman lillahi ta’ala. (Saya berniat salat asar dua rakaat digabungkan  dengan salat dzuhur dengan jamak takdim, diqasarkan karena Allah Ta’ala) 
  • Tata cara shalat Jama’ qashar takhir (dzuhur dan ‘ashar)
Niat shalat dzuhur yaitu Usholli fardlodz dzuhri roka’ati qoshron majmu’an ilaihil ‘ashru jam’an takhiran lillahi ta’ala. (Saya berniat salat dzuhur dua rakaat digabungkan dengan salat asar dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala)

Niat shalat ‘ashar yaitu Usholli fardlodz ‘ashri roka’ati qoshron majmu’an ilaihil dzuhru jam’an takhiran lillahi ta’ala. (Saya berniat salat ‘ashar dua rakaat digabungkan dengan salat dzuhur dengan jamak takhir karena Allah Ta’ala)

Komentar