RINGKASAN SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA, STUDI KASUS : ACEH

Nama : Muhammad Yusuf Habibulloh Ash-Shiddiq
NIM  : 17/416398/SV/14136
Kelas : Kearsipan C

Masuknya islam di Indonesia menurut salah satu teori yang dikemukakan oleh Badri Yatim yaitu masuk pada abad ke 7 masehi atau sekitar awal tahun hijriyah.
Tahapan masuknya islam menurut Badri Yatim yaitu :
1.      Islam disebarkan di pelabuhan-pelabuhan Nusantara
Berpusat di Pantai Sumatera Utara yang merupakan tempat persinggahan para saudagar muslim yang berlayar menuju Asia Timur melalui Selat Malaka. Peran para saudagar ini sangat berpengaruh dalam perkembangan islam di nusantara.
2.      Terbentuknya komunitas-komunitas islam dibeberapa kepulauan Nusantara
Karena perkembangan islam yang  begitu pesat, membuat masyarakat muslim membentuk sebuah komunitas yang besar. Komunitas ini berawal dari metode berdagang dan perkawinan dengan penduduk pribumi serta Tasawuf. Dengan cara-cara tersebut  dalam kurun waktu singkat penduduk sekitar akhirnya masuk agama islam.
3.      Berdirinya kerajaan-kerajaan islam
Kerajaan Islam yang muncul pertama kali yaitu kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan ini muncul sebagai kerajaan besar karena didukung oleh tempat yang strategis dan adanya hubungan baik dengan beberapa kerajaan di daerah Semenanjung Arab.
Tokoh penyebar agama islam di Aceh yaitu   :
1.      Hamzah Fansuri
2.      Syamsuddin Al-Sumatrani
3.      Nuruddi Ar Raniri
4.      Abdur Rauf Al-Singkili

Pendapat ini masih bersifat sangat lemah karena tidak masuk akalnya teori tersebut. Pasalnya, penyebarannya islam pada zaman itu masih bersifat tertutup yaitu penyebarannya masih disekitaran tanah Arab. Selain itu, penyebarannya masih berfokus pada daerah sekitaran kota Mekkah dan Madinah. Sehingga sangat tidak mungkin islam masuk di Indonesia pada awal tahun hijriyah. 

Komentar