Ringkasan Sejarah Masuknya Agama Islam di Indonesia : Aceh

Awal masuk agama Islam di Indonesia :

Diperkirakan agama Islam masuk ke Indonesia melalui wilayah Pesisir Utara Sumatera pada abad 7 M . Ada tiga teori terkait masuknya islam di Indonesia yaitu teori Arab, Persia, dan Gujarat teori tersebut berdasarkan beberapa temuan yang ada di wilayah pesisir utara Sumatera.

Jalur yang digunakan untuk penyebaran agama Islam di Indonesia antara lain :

1. Perdagangan, karena berbedanya komoditi antara wilayah Timur Tengah dan Asia Tenggara maka akan terjalin perdagangan.
2. Dakwah, yang dilakukan oleh mubaligh yang berdatangan bersama para pedagang, para mubaligh itu bisa dikatakan sebagai sufi pengembara.
3. Perkawinan, yaitu perkawinan antara pedagang muslim, mubaligh dengan anak bangsawan Indonesia, yang menyebabkan terbentuknya inti sosial yaitu keluarga muslim dan masyarakat muslim.
4. Pendidikan. Pusat-pusat perekonomian itu berkembang menjadi pusat pendidikan dan penyebaran Islam.

Perkembangan Islam di Aceh

Ada dua faktor penting yang menyebabkan masyarakat Islam mudah berkembang di Aceh, yaitu:

  • Letaknya sangat strategis dalam hubungannya dengan jalur Timur Tengah dan Tiongkok.
  • Pengaruh Hindu – Budha dari Kerajaan Sriwijaya di Palembang tidak begitu berakar kuat dikalangan rakyat Aceh, karena jarak antara Palembang dan Aceh cukup jauh.

Kerajaan - kerajaan islam yang terbentuk di Aceh antara lain: Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Perlak dan Kerajaan Aceh Darussalam.

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan Samudera Pasai, yang didirikan pada abad ke-10 M dengan raja pertamanya Malik Ibrahim bin Mahdum. Kerajaan Islam kedua di Indonesia adalah Perlak. Raja pertama bernama Sultan Alaudin (tahun 1161-1186 H/abad 12 M). Antara Pasai dan Perlak terjalin kerja sama yang baik sehingga seorang Raja Pasai menikah dengan Putri Raja Perlak. Kerajaan Perlak berada di wilayah pantai Selat Malaka yang berarti menjadi wilayah strategis untuk penyebaran agama Islam. Setelah kerajaan Samudera Pasai dan Perlak mengalami kemunduran, muncullah kerajaan Aceh Darussalam. Kerajaan Aceh Darussalam adalah percampuran antara kerajaan Islam Aceh di belahan Barat dan Kerajaan Islam Samudra Pasai di belahan Timur. Putra Sultan Abidin Syamsu Syah diangkat menjadi Raja dengan Sultan
Alaudin Ali Mughayat Syah (1507-1522 M).

Tokoh-tokoh penyebar agama Islam di Aceh :


  • Hamzah Fansuri
  • Syamsuri al-sumatrani
  • Nuruddi Ar- Raniri
  • Abdul Rauf al-Singkili



Yasti Innasya
17/416416/SV/14154

Komentar