ringkasan agama profesinalisme dan ikhlas



Nama : Rohmah 
NIM : 17/416409/SV/14147
Kelas : Arsip C
Ringkasan Agama Profesinalisme dan Ikhlas
Profesionalisme menurut bapak Ibrahim adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya karena professional biasanya berkaitan dengan pekerjaan.
Dalil tentang Profesional
         إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ
“Artinya Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan pekerjaan yang baik, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS. al-Bayyinah, 98:7)
Contohnya sebagai mahasiswa adalah harus tetap mengerjakan tugas dan mengumpulkannya secara tepat waktu walaupun kita sibuk dengan kegiatan lainnya.
Ikhlas menurut bahasa adalah bersih, hilang kotorannya, membersihkan dari cacatnya. Abu Qosim Al- Qusyairi mengatakan “ ikhlas adalah menjadikan niat hanya untuk Allah dalam melakukan amalan ketaatan. Jadi, amalan ketaatan tersebut dilakukan dalam rangka mendekatkan diri pada allah.
Dalil tentang Ikhlas
         وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا
Artinya “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang yang menyeru Rabb-nya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaanNya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharap perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya, dan adalah keadaannya itu melewati batas.” [Al Kahfi : 28].
Contohnya jika kita memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan tidak boleh menggerutu sesudahnya.

Komentar