Profesionalisme dan Ikhlas (Yofa Pradhani Nabilah 17/410888/SV/12815 )




Yofa Pradhani Nabilah (17/410888/SV/12815) Kelas C Kearsipan

PROFESIONAL DAN IKHLAS
Menurut Pak Julianto profesionalisme adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya karena professional biasanya berkaitan dengan pekerjaan. Cara menerapkannya adalah dengan cara tidak membawa masalah apapun dalam pekerjaan. Sedangkan Ikhlas adalah membebaskan diri dari tuntutan dan beban. Cara menerapkan ikhlas misalnya dengan kita memberi sesuatu tapi kita tidak menuntut orang tersebut agar memberi kita lagi.
Berikut adalah ayat dan hadits tentang profesionalisme:

إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan pekerjaan yang baik, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS. al-Bayyinah, 98:7)


َنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنّ اللَّهَ تَعَالى يُحِبّ إِذَا عَمِلَ أَحَدُكُمْ عَمَلاً أَنْ يُتْقِنَهُ (رواه 
 (الطبرني والبيهقي)

Artinya : Dari Aisyah r.a., sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai seseorang yang apabila bekerja, mengerjakannya secara profesional”. (HR. Thabrani, No: 891, Baihaqi, No: 334).
Dan berikut adalah ayat dan hadits tentang ikhlas:


وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُم بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَن ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

Artinya : Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang yang menyeru Rabb-nya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaanNya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharap perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya, dan adalah keadaannya itu melewati batas. [Al Kahfi : 28].

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : إِنَّ اللهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَ أَمْوَالِكُمْ وَ لَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ

Artinya : Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alihi wa sallam telah bersabda,”Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada rupa kalian, juga tidak kepada harta kalian, akan tetapi Dia melihat kepada hati dan amal kalian”.
            Professional dan ikhlas harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti termasuk kehidupan kita sebagai mahasiswa. Kita harus mengumpulkan tugas dan tetap fokus kuliah meskipun kita memiliki banyak kegiatan di luar kampus seperti mengikuti lomba, ukm, oraganisasi atau kepanitiaan. Kita juga senantiasa ikhlas dalam mengerjakan tugas dan mau membantu teman yang sulit memahami mata kuliah.



Komentar