Profesionalisme dan Ikhlas | Yanuar Yola Vionita 17/415563/SV/13428



Nama   : Yanuar Yola Vionita
NIM    : 17/415563/SV/13428
Kelas   : Kearsipan C

Profesionalisme dan Ikhlas

Dalam QS: al-Bayyinah ayat 7 Allah SWT berfirman: “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan  melakukan pekerjaan yang baik, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk”. Disebutkan juga dari Aisyah r.a., sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai seseorang yang apabila bekerja, mengerjakannya secara profesional”. (HR. Thabrani, No: 891, Baihaqi, No: 334).
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan pekerjaan yang baik, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS. al-Bayyinah, 98:7). Disebutkan juga dari Aisyah r.a., sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah mencintai seseorang yang apabila bekerja, mengerjakannya secara profesional”. (HR. Thabrani, No: 891, Baihaqi, No: 334).
Profesionalisme dan Ikhlas menurut Bapak Julianto:
a.       Profesionalisme : menempatkan sesuatu pada tempatnya karena professional biasanya berkaitan dengan pekerjaan
b.      Penerapan : tidak membawa masalah apapun ke pekerjaan
c.       Ikhlas : Membebaskan diri dari tuntutan dan beban
d.      Penerapan : missal, kita memberi sesuatu tapi kita tidak menuntut orang kita beri itu harus memberi kita lagi, kita harus ikhlas / rela
Kita harus menerapkan Ikhlas Dan Profesionalisme dalam kehidupan kita Sehari-hari agar hidup kita lebih baik lagi kedepannya. Contoh profesionalisme yang bisa kita terapkan sebagai mahasiswa adalah harus tetap mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen dan mengumpulkannya secara tepat waktu walaupun kita sibuk dengan kegiatan lain, misalnya organisasi. Contoh ikhlas yang bisa kita terapkan sebagai mahasiswa adalah rela dan tabah saat disuruh dosen dan tidak mengeluh saat diberikan tugas yang banyak.

Komentar