Nama : zulfa vicky ramadani

NIM : 17/410889/SV/12816

Kelas: kearsipan c



Masuknya islam di Yogyakarta



~ Daerah Istimewa Yogyakarta yang secara geografis terletak dibagian selatan, memiliki salah satu kesultanan yang ada di Indonesia, yakni kesultanan mataram. Kerajaan mataram adalah kerajaan islam berdiri pada abad ke 16 yang berasal dari kerajaan Demak.

~Sultan Agung atau raja kerajaan Mataram, pada masa jabatannya ia melakukan ekspansi untuk mencari pengaruh di Jawa. Mataram mencakup pulau Jawa dan Madura , ia memindahkan lokasi kraton ke Kerta (Mataram Kerta). Mataram juga melakuakan penyerangan terhadap VOC bersam kesultanan banten dan cirebon.

~Amengkurat II (anak sultan Agung) sangat patuh pada VOC sehingga kalangan istana banyak yang tidak puas dan pemberontakan terus terjadi. Pada masanya kraton dipindahkan lagi ke Kartosura (1680) karena kraton lama dianggap tercemar.

~Masuknya islam sebagai sebuah ajaran baru perlahan mempengaruhi kebudayaan dan kebiasaan masyarakat jawa, khususnya jogja. Wali songo, sunan kalijaga , merupakan tokoh sentral dalam pembentukan masyarakat islam di jogja , dan wali songo sangat berpengaruh dalam menyebaran islam di jogja.

~jogja yang saat itu masih kental dipengaruhi oleh ‘warisan’ budaya Majapahit dan Syiwa Budha, sedikit demi sedikit mulai diarahakan pada budaya dan pola interaksi yang islami. Disinilah peran Sunan Kalijaga , yang hasilnya adalah terdapat sejumlah upacara kerajaan yang telah diislamisasi sebagai syair islam ditengah masyarakat, seperti sekaten grebeg, wayang.

~keraton Yogyakarta dibangun pada 9 oktober 1775 pada nasa kekuasaan Mangkubumi I. Kraton merupakan simbol eksistensi kekuasaan islam, meski berada dalam penguasaan belanda.

Komentar