nama : zulfa vicky ramadani
NIM : 17/410889/SV/12816
prodi : D3 kearsipan c

Sejarah Masuknya Islam Di Demak

Dalam perkembangan agama islam tidak dapat terlepas dari peranan para pedagang mislimin yang menyebarkanluaskan agama islam di nusantara disamping pekerjaan sebagai pedagang. agama islam masuk ke pulau Jawa melalui pesisir utara jawa dengan perantara pedagang muslim. Bukti nyata masuknya islam di tanah jawa adalah ditemukan makam Fatimah binti Maimun (1082M) di Desa leran, Gresik  

 Lahirnya kerajaan Demak, yang merupakan kerajaan islam pertama di pulau jawa, tidak terlepas dari kerajaan majapahit yang merupakan kerajaan bercorak Hindu yang terbesar di nusantara. hal ini dapat dilihat dari ditemukan makam orang islam yang berangka 1369M, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada masa itu Kerajaan Majapahit toleran terhadap agama islam.

penyebaran islam di Demak dilakukan oleh Raden Fatah, dan para Wali Songo, dan berikut peran para Wali Songo:
1. Sunan Gresik ,Sunan Gresik merupakan ahli tata negara yang berasal dari Turki. beliau datang ke       jawa pada 1404M, dan mendirikan pesantren di Gresik, wafat 1419M.
2. Sunan Ampel, Sunan Ampel merupakan putra dari Sunan Gresik, ia mendirikan pesantren di               Ampel, Surabaya. Sunan Ampel merupakan perancang berdirinya kerajaan islam di Jawa, dan juga     ikut mendirikan Masjid Agung Demak pada tahun 1479M, wafat pada 1481M.
3. Sunan Bonang, Sunan Bonang merupakan putra Sunan Ampel, ia dianggap sebagai pencipta               gending pertama dalam mengembangkan islam di jawa timur, ia juga mendirikan pesantren di             Tuban, Jawa Timur, Wafat pada 1525M.
4. Sunan Giri, Sunan Giri secara aktif merencanakan berdirinya kerajaan Demak dan terlibat dalam         penyerangan ke Majapahit sebagai penasihat militer, dan mendirikan Pesantren Giri.
5. Sunan Drajat, lahir pada 1450M yang merupakan anak bungsu dari Sunan Ampel, Sunan Drajat           berdakwah dengan menggunakan kesenian jawa yaitu temang mijil.
6. Sunan Kalijaga, merupakan murid Sunan Bonang, sunan Kalijag menyebarkan islam dengan               wayang.
7. Sunan Kudus, merupakan ahli dalam ilmu fiqih, tauhid, hadist, tafsir dan logika. ia dijuluki wali         al-'ilm (wali ahli ilmu).
8. Sunan Muria, merupakan putra Sunan Kalijaga,. Dalam berdakwah ia menggunakan alat musik           gamelan sebagai media.
9. Sunan Gunung Jati, beliau berasal dari Mekah, beliau mendirikan pesantren dan Masjid Agung           Sang Ciptarasa pada tahun 1470M

Komentar