Sonia Imas Yustisia 17/415562/SV/13427 Kearsipan C "Ringkasan PAI sejarah masuknya islam di aceh"

Nama  : Sonia Imas Yustisia
NIM    : 17/415562/SV/13427
Kelas   : Kearsipan C


AWAL MULA MASUKNYA ISLAM DI ACEH


Awal mula masuknya islam di Indonesia itu disebarkan melalui berdagang di aceh, para penduduk di pesisir pantai sedikit demi sedikit masuk ke agama islam. Islam disebarkan melalui berdagang di pesisir dan juga melalui berdagang di kapal-kapal besar. Tetapi warga aceh yang berada di pedalaman masih belum mengenal islam. Akhirnya islam juga di sebarkan di daerah pedalaman aceh.

Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan islam pertama di Indonesia. Tetapi kerajaan Samudra Pasai runtuh karena diserang portugis. Lalu kerajaan Samudra Pasai dibantu oleh kerajaan Darussalam untuk mengusir portugis, setelah portugis terkalahkan, kerajaan Samudra Pasai dan kerajaan Darussalam bersatu dan berganti  nama menjadi Kerajaan Aceh Darussalam.Adapun ulama-ulama di aceh yaitu:
  • Hamzah Fansuri adalah penulis dan ulama besar yang menghasilkan karya risalah keagamaan dan prosa, aktif menulis tentang tasawuf pada paruh kedua abad 16, menguasai bahasa Arab,Parsi,Udu.
  • Syamsudin Al-Sumatraniadalah penulis tasawuf dan pengarang kitab dalam Bahasa Melayu dan Arab. Hasil karyanya adalah Kitab al Haraka, Mirat al Iman, dan Kitab Al Martaba.
  • Nuruddi Ar-Raniri adalah  ulama dan sastrawan ini berasal dari Ranir, lahir pada 1568M. karya karya yang pernah beliau buat adalah hujaj al-sidiq, jauhar al-ulum, sirat al-mustaqim, dam masih banyak lagi.
  • Abdul Rauf Al-Singkili. Hasil karyanya Mir’atu ath-Thullab fi Tashil Ma’rifatil ahkam wasy-syari’ah, Umdatul Muhtajiin ila suluki Maslah al-Mufridin, Li’l Malik Al-Wahhab, Kifayat al-Muhtajin ila Suluk Maslak Kamal al-Tahbir.

Komentar