Ringkasan PAI Sejarah Masuknya Islam di Aceh



                                                                                             NAMA : RIZKI LISTIANI
                                                                                             NIM     : 17/416408/SV/14146
                                                                                             KELAS : ARS C

Sejarah Islam di Indonesia (Studi Kasus Aceh)

            Islam pertama kali masuk di Aceh  melalui tiga tahap yaitu tahap pertama Islam disebarkan di pelabuhan nusantara yaitu di Pantai Sumatera Utara yang merupakan tempat singgah saudagar muslim yang menuju ke Asia Timur melalui Selat Malaka. Tahap kedua yaitu terbentuknya komunitas-komunitas Islam di beberapa kepulauan nusantara melalui perkawinan antar penduduk. Tahap ketiga yaitu berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Kerajaan Islam pertama adalah Samudera Pasai. Kerajaan Samudera Pasai kemudian bergabung dengan Kerajaaan Perlak karena raja Samudera Pasai menikah dengan puteri Kerajaan Perlak. Kerajaan Pasai mengalami kemunduran diakhir tahun 1521 dimana terjadi penyerangan oleh Portugis.  Kerajaan ini bertahan hingga ditundukkan oleh Portugis. Sultan Ali Mughayatsyah, Sultan Kerajaan Darussalam membantu Pasai melawan Portugis dan merampas wilayah Pasai. Kemudian memproklamirkan diri menjadi Kerajaan Aceh Darussalam. Aceh mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-17 yang menyebabkan banyaknya ulama yang berdatangan ke Aceh. Tokoh ulama di Aceh antara lain:
1.Hamzah Fanzuri, adalah seorang penulis yang menghasilkan karya keagamaan dan prosa. Beliau juga aktif menulis tasawuf dan menguasai bahasa Arab, Parsi dan Urdu. Hasil karyanya adalah Syarab al Asyiqin, Asrar al Arifin dan Al Muntahi.
2.Syamsudin al Sumatrani, adalah penulis tasawuf dan pengarang kitab dalam Bahasa Melayu dan Arab. Hasil karyanya adalah Kitab al Haraka, Mirat al Iman, dan Kitab Al Martaba.
3.Nuruddi Ar Raniri, adalah seorang penganut Wujudiah dan pengikut Ibnu Arabi. Hasil karyanya adalah Sirat al Mustaqim, Daral al Faraid dan Lata’ih al Asrar.
4.Abdul Rauf al Singkili, adalah pengikut tarekat Syatariyah. Hasil karyanya adalah Li’l Malik al Wahhab, Kifayat al Muhtajin ila Suluk Maslak Kamal al Tahbir dan Li’l Malik al Wahhab.

Komentar