ringkasan agama sejarah islam di aceh



                                                            NAMA : ROHMAH 
                                                                        NIM : 17/416409/SV/14147

                                                      KELAS : ARS C


SEJARAH ISLAM DI INDONESIA (STUDI KASUS : ACEH)

Islam masuk pertama kali di Indonesia adalah di Aceh pada abad ke 1 Hijriyah. Islam masuk ke Indonesia didukung oleh pernyataan Badri Yatim menginformasikan bahwa islam disebarkan dan dikembangkan di Asia Tenggara dengan 3 tahap :
-  Islam disebarkan di pelabuhan - pelabuhan nusantara yaitu di pantai Sumatera utara merupakan persinggahan saudagar – saudagar muslim menuju Asia Timur ke Selat Malaka saudagar – saudagar muslim tersebut berasal dari Arab, India dan Persia.
- Terbentuknya komunitas – komunitas islam di beberapa kepulauan nusantara, mereka menyebarkan agama islam dengan cara menjalin hubungan perkawinan dengan penduduk pribumi atau menyebarkan islam dengan cara berdagang sehingga lama kelamaan penduduk memeluk agama islam.
- berdirinya kerajaan – kerajaan islam, kerajaan islam yang pertama kali berdiri adalah samudra pasai yang didirikan oleh Suktan Malik Al- Shaleh (1297 M) dan beliau menjadi raja pertamanya.  Beliau kemudian menikah dengan puteri raja perlak oleh karena itu kerajaan Perlak bergabung menjadi satu dengan kerajaan Samudera Pasai. Tetapi kemuadin kerajaan samudera pasai ditundukkan oleh portugis pada 1521 M. kemudian Pasai diambil alih oleh Sultan Ali Mughayatsyah lalu dipersatukan dengan kerajaan Darussalam hingga memploklamirkan menjadi kerajaan Aceh Darusslam (1524 M). puncak kejayaannya berlangsung pada abad ke-17. Kemajuan Aceh ini membuat para ulama dari Persia, Arab, India berdatangan ingin menjalin hubungan keilmuan di Aceh. Aceh menjadi pusat keilmuan Islam di Nusantara, sehingga banyak orang nusantara berdatangan ke Aceh untuk belajar kepada ulama – ulama besar Aceh. Selain itu Aceh digunakan utuk tempat persinggahan jamaah haji Indonesia yang menunggu pemberangkatan ke Haramain dan waktunya di manfaatkan untuk belajar ilmu agama.
Tokoh – tokoh ulama di Aceh :
1.Hamzah Fansuri
2. Syamsudin Al – Sumatrani
3. Nuruddi  Ar Raniri
4. Abdul Rauf Al-Singkili

Komentar