Resume PAI: Sejarah Masuknya Islam di Aceh

Kurnia Dewi Timortiara M S              17/415556/SV/13421
Ringkasan Presentasi Kelompok 8 “Sejarah Masuknya Islam di Indonesia : Aceh”.
Agama Islam masuk di Aceh pertama kali pada abad ke 1 Hijriyah, namun pendapat ini masih menjadi perdebatan dikalangan para ulama.
Menurut Badri Yatim agama Islam masuk di Aceh melalui 3 tahap, yaitu:
1.      Disebarkan di pelabuhan-pelabuhan nusantara
Para saudagar muslim yang akan berdagang ke Asia Timur melalui Selat Malaka bersinggah di pantai utara Pulau Sumatera dan mulai menyebarkan Agama Islam disana.
2.      Terbentuknya komunitas-komunitas Islam di beberapa kepulauan nusantara
Para saudagar-saudagar yang singgah di pantai utara Pulau Sumatera mulai berdagang dan membentuk masyarakat muslim. Para saudagar tersebut juga menikahi penduduk di sekitar pantai sehingga mereka menjadi seorang muslim. Sehingga lama kelamaan penduduk di sekitar pantai tersebut memeluk Agama Islam.
3.      Berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
Kerajaan Islam pertama yang didirikan di Indonesia adalah Kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan Samudra Pasai didirikan oleh Sultan Malik al-Shaleh dan beliau juga menjadi raja pertamanya.
Ulama-ulama yang menyebarkan Agama Islam di Aceh:
1.      Hamzah Fansuri
Seorang ulama dan sufi yang berasal dari Aceh. Hamzah Fansuri merupakan seorang penulis risalah dan prosa. Karya-karya Hamzah Fansuri antara lain: Syarab al-‘Asyiqin, Asraf al-Arifin, dan Al Muntahi.
2.      Syamsudin al-Sumatrani
Syamsudin al-Sumatrani merupakan seorang penulis risalah tasawuf yang berasal dari Pasai. Kitab karangannya yaitu Mir’at al-Mukminin, Kitab al-Haraka, dan Mir’at al-man.
3.      Nuruddu Ar-Raniri
Nuruddu Ar-Raniri merupakan seorang sastrawan dan ulama dari Ranir. Beliau juga pnganut Wujudiah dan pengikut Ibnu ‘Arabi.
4.      Abdul Rauf al Singkili

Seorang sastrawan yang lahir di Singkel wilayah pantai barat-laut Aceh.

Komentar