Nama : Zulfa Vicky Ramadani
NIM : 17/410889/SV/12816
Prodi : D3 Kearsipan C

RANGKUMAN PRESENTASI SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI ACEH

            Islam mulai masuk ke aceh pada abad ke-7 dan langsung dari arab, islam mudah diterima masyarakat terutama masyarakat aceh karena islam datang dengan cara damai, islam menghargai perbedaan  dan menghargai kepercayaan pada masa sebelumnya, cara masuk islam mudah hanya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, dan upacara-upacara keagamaan sederhana, sehingga islam pesat sekali perkembangannya.
Tahap-tahap masuknya islam di Aceh
·         Tahap pertama : islam masuk ke aceh disebarkan di pelabuhan-pelabuhan, dikarenakan para penyebar agama islam terutama dari arab mereka berdagang di pelabuhan-pelabuhan, sehingga sembari berdagang mereka juga berdakwah untuk memperluas ajaran islam
·         Tahap kedua : dengan menetapnya para pedagang sekaligus penyebar agama islam dari arab mereka juga membuat sebuah komunitas-komunitas yang mewadahi para anggota untuk saling bertukar pikiran tentang islam. Tentu dengan menetapnya para pedagang dari arab yang berada di aceh ada sebuah perkawinan sehingga memungkinkan untuk memeluk agama islam hingga ke keturunan-keturunan berikutnya.
·         Tahap ketiga : berdirinya kerajaan- kerajaan islam di aceh yaitu kerajaan Samudra Pasai, kerajaan Perlak, kerajaan Aceh Darussalam, yang berjaya pada masanya sehingga para penduduk banyak yang masuk islam, karena pemimpinnya masuk ke agama islam.
Ulama-ulama penyiar islam di Aceh
§  Hamzah Fansuri : ulama dan sufi besar pertama di Aceh. Beliau penulis yang menghasilkan karya risalah keagamaan dan juga prosa sarat dengan ide-ide mistis yaitu syarap al-asyiqin, asrar al-arifin, dan al muntahi.
§  Syamsudin al-sumatrani : beliau juga dikenal sebagai Syamsudin Pasai, karena berasal dari pasai, beliau sebagai penulis dan mengarang dalam bahasa melayu dan arab, seperti kitab Tajul al-salatin, kitab al-haraka, mir’at al-mukminin, dan masih banyak lagi.
§  Nurrudin ar-raniri : ulama dan sastrawan ini berasal dari Ranir, lahir pada 1568M. karya karya yang pernah beliau buat adalah hujaj al-sidiq, jauhar al-ulum, sirat al-mustaqim, dam masih banyak lagi.

§  Abdul Rauf al-singkili : adalah seorang ulama besar di aceh yang terakhir. Salah satu karya beliau yang pernah diciptakan adalah mir’atu ath-thullab fi tashil ma’rifatil ahkam wasy-syar’iyah.

Komentar