Kuntoro Basuki
Kearsipan C
17/415555/SV/13420

Sejarah Pertama Kali Masuknya Islam ke Indonesia

Islam merupakan agama yang dianutmayoritas penduduk di Indonesia, banyak pendapat yang menjelaskan tentang masuknya islam pertama kali ke Indonesia. namun yang paling banyak di ulas adalah sumber yang mengatakan Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13 dan pertamakali di ajarkan/ masuk di Aceh. Penyebaran Islam di Indonesia melewati beberapa tahapan yaitu : islam disebarkan di pelabuhan-pelabuhan Nusantara, kemudian terbentuk komunitas-komunitas Islam di beberapa kepulauan Nusantara, setelah terbentuk komunitas-komunitas Islam di Nusantara kemudian terbentuklah kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, kerajaan Islam pertama ini adalah kerajaan Samudra Pasai yang didirikan oleh Sultan Malik al-Shaleh (1297M). dan pada tahun 1521 M Portugis dapat mengalahkan Samudra Pasai dan wilayahnya dikuasai oleh Portugis namun pada tahun 1524 wilayah tersebut dapat direbut kembali oleh kerajaan Darussalam dan kerajaan tersebut memproklamasikan menjadi Kerajaan Aceh Darussalam.

pada  abad ke 17 aceh mencapai puncak kejayaannya dan kemajuan yang dicapai oleh Aceh menyebabkan berdatangan ulama-ulama dari Arab, persia atau india menjalin hubungan pengembangan keilmuan di Aceh. Dan di Aceh sendiri Telah melahirkan ulama-ulama besar contohnya : Hamzah Fansuri, Syamsudin al-Sumatrani, Nuruddi Ar-Raniri, dan Abdul Rauf al-Singkili yang telah menciptakan banyak karya tulis.

 Mengenai Kerajaan Aceh Darussalam seringkali disebut dengan serambi Mekkah. Hal itu karena Aceh merupakan tempat pertama kali agama Islam masuk ke Indonesia dan mungkin Aceh menjadi pengerak dan pemerkasa bagi penyebaran Islam di Nusantara, . Kemudian penyebaran Islam dari Sumatera hingga ke Pulau Jawa yang disebarkan oleh para Walisongo. Daerah Aceh menjadi daerah ilmu pengetahuan yang membangun Universitas Baiturahman di mana berbagai penjuru dunia mengirimkan wakilnya untuk menuntut ilmu di Aceh. dan ada satu hal lagi yang mempengaruhi penamaan bahwa Aceh merupakan Serambi Mekah yaitu dulu ketika orang yang ingin naik haji mereka akan menggunakan Aceh sebagai tempat transit mereka yang akan menuju ke Saudi Arabia. Di Aceh menggunakan aturan sesuai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari yang mirip dengan Mekkah, seperti berhukum Islam, berbudaya Islam, berpakain sesuai ajaran Islam.

Komentar